Kamis, 25 Agustus 2016

5 Cara Mengatasi BBM Android Lemot dan Pending

Tips Cara Mengatasi BBM Android Agar Tidak Pending, Lemot, dan Lelet.  Sebelumnya BBM (Blackberry Massanger) hanya terdapat pada ponsel Blackberry, tetapi sejak kemunculan BBM pada android maka semakin banyak pengguna android yang menggunakan BBM. Aplikasi BBM memang tergolong aplikasi messenger yang berat, butuh ponsel dengan hardware yang cukup baik agar performa BBM tidak lemot.
Cara Mengatasi BBM Pending


Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada hp juga mempengaruhi performa dari aplikasi tersebut. Contohnya seperti permainan dengan kualitas HD atau 3D, aplikasi tersebut sangat menguras sumber daya dari CPU dan RAM. Jika aplikasi tersebut tetap anda pakai maka secara otomatis aplikasi lain tidak akan berjalan secara maksimal (lemot atau lelet), namun apabila hp anda memang tergolong hp mahal dengan hardware yang cukup baik tentunya ini tidak akan bermasalah, mungkin ada masalah lain yang membuat aplikasi BBM anda lemot. 

Pada dasarnya masalah BBM lemot berbeda – beda, tergantung dari pengguna itu sendiri. BBM yang pending terus menerus saat mengirim pesan atau Chat biasanya disebabkan karena koneksi Internet yang memang kurang memadai atau karena tumpukan cache yang membuat BBM serasa berat. 

Cara Mengatasi BBM Lemot dan Pending di HP Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Cara Mengatasi BBM Android Yang Lemot, Pending, Dan Lelet. Cara yang saya berikan memang tidak sepenuhnya bisa membuat Aplikasi BBM anda berhasil 100%, tapi setidaknya anda coba terlebih dahulu. Simak ulasan singkat Metode Cara Mengatasi BBM Pending Dan Lemot dibawah ini.

Metode 1 : Hapus File Cache Android

File sampah/ cache seringkali menggangu aktifitas harian di Android. Semakin lama anda menggunakan smartphone maka cache akan semakin banyak, untuk itulah sebagai pengguna Anda harus bijak dalam merawat smartphone, terutama menghapus file cache. 

File cache tidak hanya dibuat oleh BBM saja, tetapi bisa juga aplikasi lain seperti LINE, WeChat, Instagram, Facebook Lite, UC Browser, Google Chrome, Game, dan lainnya. Untuk menghapusnya, anda 2 cara yang bisa anda lakukan. Cara pertama bisa tanpa aplikasi (satu persatu) dan cara kedua bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga (satu tap semua terhapus). Ikuti langkah – langkah menghapus file cache satu persatu dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi BBM, kemudian tap “Hapus Cache”. 

Metode 2 : Cari Tempat Dengan Kualitas Sinyal Yang Lebih Kuat

Sinyal/ Jaringan merupakan kunci utama agar pengguna Android dapat melakukan aktifitas di Internet, terutama BBM-an. Sinyal dengan kualitas yang buruk sulit pastinya untuk berkirim pesan atau chat dengan teman dan keluarga, serasa suka pending dan delay. 

Setiap tempat biasanya memiliki kualitas sinyal yang berbeda – beda, tidak semua oprator bisa menjangkau daerah tempat tinggal anda. Untuk mendapatkan Sinyal terbaik yakni dengan mengganti SIM Card anda dengan Sinyal Operator yang bagus sesuai dengan daerah anda. Jika misalnya daerah anda sinyal telkomselnya bagus maka gunakanlah kartu Telkomsel supaya koneksi internet anda bisa lebih cepat. 


Metode 3 : Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak aplikasi terinstall juga menjadi point penting penyebab terjadinya BBM lemot, hal ini di karenakan sumber daya yang ada di hp anda harus terbagi – bagi, sedangkan aplikasi BBM membutuhkan sumber daya yang besar agar performanya bagus. Contohnya aplikasi FB, Google +1, Hangout, Facebook Messenger, Yahoo Messenger, WeChat, Line, KakaoTalk, dan permainan dengan kualitas 3D atau HD. Apabila semua aplikasi tersebut anda install tentu Aplikasi BBM anda akan menjadi lemot dan lelet karena aplikasi lain yang juga membutuhkan sumber daya CPU dan RAM yang banyak. Kecuali jika Smartphone Android anda memiliki kapasitas Memori RAM yang cukup besar mungkin tidak akan bermasalah.

Untuk lebih baiknya sebaiknya anda hapus aplikasi Chat atau Sosial Media yang tidak anda Gunakan. Selain menghemat memori, cara ini juga dapat membuat aplikasi BBM lebih cepat dan tidak lemot. Cara menghapus Aplikasi di Android cukup mudah, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi NAMA APLIKASI, kemudian tap “Copot Pemasangan”. 


Metode 4 : Matikan Aplikasi Sosial Media Yang Selalu Online

Semua media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WeChat, Line, dan lainnya membutuhkan koneksi internet yang cepat, apalagi sekarang ada fitur baru pada media sosial yang memberikan notifikasi pada HP anda, tentu ini akan mempengaruhi performa BBM dan membuat hp anda menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan notifikasi pada Sosial media yang memang anda butuhkan dan hapus aplikasi sosial media yang tidak perlu. Bisa juga dengan cara lain yakni dengan menonaktifkan notifikasi pada sosial media yang tidak anda gunakan.

Metode 5 : Jangan Gunakan Tema BBM

Apabila anda memasang tema BBM tetapi performa dari CPU dan RAM anda kurang baik tentunya ini akan mempengaruhi lambatnya aplikasi BBM yang anda gunakan. Sebaiknya gunakan tema default saja agar aplikasi tidak terasa berat dan lelet.

Sekedar Share :

Selain kelima metode diatas, ada hal lain yang perlu anda ketahui. HP/ Smartphone Android yang sudah berumur cukup Tua sekitar 3 atau 5 tahun keatas mungkin performanya akan sedikit menurun. Hal ini terjadi tidak hanya pada smartphone saja, bisa saja terjadi pada Laptop atau Komputer. Semakin lama umur semua perangkat elektronik seperti HP, Laptop, TV, DVD, Radio, dan lainnya maka performa dan kualitas juga akan menurun, Bahkan Harganya-pun juga menurun. 

Jadi, jika semua metode diatas tetap tidak berpengaruh sama sekali maka belilah Smartphone Android baru dengan kualitas hardware yang lebih baik.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi BBM Android Agar Tidak Lemot Dan Pending, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

0 komentar:

Posting Komentar